Selain untuk Bayi, Apakah Baby Lotion Baik untuk Orang Dewasa?

  • August 26, 2021

Siapa yang tak ingin memiliki kulit seindah dan selembut kulit bayi? Banyak produk perawatan kulit bayi yang mengklaim dapat merawat kulit orang dewasa dengan efisiensi yang sama. Karena formulasi bayi tidak hanya terbatas pada bayi sekarang, bahkan banyak dokter kulit yang merekomendasikannya kepada orang dewasa.

Tetapi, memiliki rangkaian perawatan kulit sederhana yang berisi produk bayi mungkin tidak selalu cukup bagi Anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal tersebut berpengaruh karena kulit bayi dan kulit orang dewasa jelas memiliki perbedaan, terutama dari segi perawatannya.

Baby lotion mencegah kulit bayi mengalami kekeringan

Jadi, apakah baby lotion benar-benar cocok untuk kulit orang dewasa? Apakah keduanya sama efektifnya dalam menjaga kulit orang dewasa tetap lembut dan halus seperti menjaga kulit bayi? Mari kita bahas lebih dalam untuk mengetahui apakah lotion bayi untuk orang dewasa adalah pilihan yang tepat atau tidak.

Kulit Bayi vs Kulit Orang Dewasa

Sebelum menggali lebih dalam perbedaan yang ada antara baby lotion dan lotion untuk orang dewasa, penting untuk memahami bagaimana kedua jenis kulit bayi dan orang dewasa berbeda satu sama lain.

Ada banyak perbedaan antara kulit bayi dan orang dewasa dalam hal struktur, komposisi, dan fungsi. Orientasi kulit berubah sepanjang siklus hidup manusia dan karenanya, ia berkembang hingga menjadi matang secara bertahap mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa.

Kulit bayi sangat halus, sensitif, dan rentan terhadap segala jenis penyakit, sedangkan kulit orang dewasa tidak. Ketika kulit bayi terus berkembang, ia memegang konsentrasi lipid permukaan yang jauh lebih rendah bersama dengan tingkat hidrasi permukaan yang lebih tinggi, kehilangan air transepidermal (TEWL), pH, deskuamasi, dan proliferasi daripada kulit orang dewasa.

Hal ini akhirnya mengakibatkan gangguan fungsi penghalang epidermis, yang membuat kulit bayi lebih rentan terhadap agresi (mikroba dan bahan kimia), penyakit kulit, dermatitis popok, dermatitis atopik, dan lain-lain.

Saat bayi tumbuh, kulitnya akan menjadi semakin matang dan fungsi penghalang epidermis meningkat secara bertahap ketika mulai memproduksi minyak pelindung alami. Akibatnya, kulit menjadi kurang rentan terhadap semua faktor risiko yang disebutkan sebelumnya. Selanjutnya, proses pergantian sel alami kulit orang dewasa jauh lebih berbeda dari pada bayi. Itu juga terjadi karena kulit orang dewasa sering terkena banyak polutan sepanjang hari.

Apakah baby lotion baik untuk kulit orang dewasa?

Jika bertanya baik atau tidak, jawabannya adalah iya, baby lotion baik untuk kulit orang dewasa. Namun, dari segi efisiensi, jelas produk ini tidak begitu efisien untuk menjaga kulit orang dewasa. Hal ini disebabkan karena lotion yang digunakan untuk kulit orang dewasa harus memiliki kapasitas yang mampu melembabkan setiap sel dewasa kulit secara menyeluruh.

Meskipun baby lotion bekerja secara optimal pada kulit bayi yang sedang berkembang, produk ini mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama pada orang dewasa. Faktanya, formulasinya pasti akan mencegah kulit Anda mengering tetapi tidak akan mampu memberikannya hidrasi terbaik.

Manfaat baby lotion untuk kulit orang dewasa

Meskipun baby lotion tidak bisa bekerja secara maksimal di kulit orang dewasa, namun produk ini masih bisa memberikan beberapa manfaat baik untuk orang dewasa. Beberapa manfaat baby lotion yang juga baik untuk kulit orang dewasa seperti yang dilansir dari Beauty Glimpse, yaitu:

  • Memiliki formulasi yang ringan, bebas bahan kimia, dan hypoallergenic sehingga cocok digunakan untuk kulit halus dan sensitif
  • Cocok untuk kulit normal hingga kering yang tidak memiliki pori-pori besar atau mudah pecah
  • Menyerap ke dalam kulit dengan cepat
  • Menghidrasi dan melembabkan kulit dengan baik
  • Membuat kulit terasa lebih lembut, kenyal, halus, dan sehat
  • Membentuk lapisan pelindung di atas kulit untuk melindunginya dari iritasi dan faktor risiko lingkungan
  • Tidak menimbulkan rasa perih saat dioleskan pada luka terbuka atau ketika tidak sengaja masuk ke mata

Meskipun tidak bisa merawat kulit orang dewasa secara maksimal, namun baby lotion tetap aman digunakan jika Anda memilih untuk memasukkannya ke dalam daftar skincare untuk merawat kulit wajah Anda. Tetapi pastikan untuk Anda memperhatikan beberapa faktor seperti  tipe kuli, masalah kulit, dan kebutuhan unik kulit Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Temukan aneka pilihan baby lotion lengkap di website atau aplikasi SehatQ yang dapat Anda download melalui Google/Play Store dengan praktis dan nikmati berbagai fitur menarik yang tersedia di SehatQ untuk dampingi hidup sehat Anda dan buah hati.

Daria

E-mail : admin@festiquotes.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*