Membawa Anak Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di Prodia Gorontalo

  • August 13, 2021

Pemeriksaan kesehatan menyeluruh tidak hanya disarankan bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Anda bisa membawa anak Anda untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Prodia Gorontalo.

Cakupan pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak tentunya berbeda dengan pemeriksaan untuk orang dewasa dan lansia. Sebagai orang tua, Anda harus bisa mempersiapkan anak Anda untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

Mempersiapkan anak melakukan pemeriksaan kesehatan di Prodia Gorontalo

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, Anda harus memastikan anak dalam keadaan siap. Hal ini mungkin tidak mudah, karena anak lebih sulit menghadapi pemeriksaan kesehatna dibandingkan dengan orang dewasa.

Supaya Anda bisa mempersiapkan anak melakukan pemeriksaan kesehatan, lakukan beberapa hal berikut ini: 

  • Jelaskan tujuan pemeriksaan

Sebaiknya, informasikan pada anak Anda mengenai kunjungan pemeriksaan kesehatan sejak awal. Jika tidak, anak akan merasa terkejut dan semakin sulit untuk mengajaknya melakukan pemeriksaan. 

Sampaikan mengenai tujuan melakukan pemeriksaan kesehatan secara jelas pada anak. Berikan informasi-informasi positif mengenai Prodia Gorontalo yang akan dituju serta petugas medis yang akan ditemui oleh anak nantinya. 

Dengan memberikan informasi jelas dan positif mengenai tujuan pemeriksaan, Anda bisa memiliki pandangan yang lebih positif mengenai pemeriksaan yang mereka jalani. 

  • Berikan pandangan positif pada anak

Beberapa anak mungkin menganggap kunjungan ke fasilitas kesehatan sebagai sesuatu yang negatif. Mereka bisa saja merasa ada yang aneh dengan diri mereka karena harus berobat, sementara teman-teman lain seusianya tidak melakukan hal yang sama.

Bimbing anak Anda agar tidak memandang pemeriksaan kesehatan sebagai sesuatu yang negatif. Berikan pandangan positif mengenai hal ini. Tekankan pada anak bahwa pemeriksaan kesehatan bukanlah hukuman, melainkan sesuatu yang seharusnya dipandang sebagai hal yang positif. 

Cakupan pemeriksaan kesehatan umum untuk anak

Jenis pemeriksaan kesehatan yang dijalani anak umumnya berbeda-beda. Hal ini juga akan dipengaruhi oleh kebutuhan kondisi anak serta usia sang anak.

Biasanya, ketika akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Prodia Gorontalo, cakupan pemeriksaannya akan meliputi:

  • Skrining pertumbuhan dan perkembangan

Ini merupakan jenis pemeriksaan yang paling umum dilakukan pada anak. Tes ini dilakukan secara singkat untuk mengidentifikasi kemajuan anak. 

Hasil dari skrining ini bisa memberikan gambaran mengenai kebutuhan anak berdasarkan perkembangannya.

  • Tes pendengaran

Tes pendengaran seringnya dilakukan pada anak-anak yang berusia lebih kecil. Anda juga bisa membawa anak untuk melakukan tes ini di Prodia Gorontalo.

Hasil dari tes pendengaran akan memberikan gambaran apabila anak menderita kondisi medis tertentu yang memengaruhi kemampuan peendengarannya.

  • Tes penglihatan

Tes penglihatan atau tes mata dilakukan guna menemukan adanya gangguan pada fungsi mata. Tes penglihatan ini seringkali dilakukan sebagai bagian dari rangkaian pemeriksaan kesehatan rutin untuk anak. 

Berdasarkan hasil dari tes penglihatan, dokter Anda bisa memutuskan jenis tindakan yang diperlukan oleh anak Anda. 

  • Tes tekanan darah

Tekanan darah juga perlu diuji pada pasien anak-anak. Oleh sebab itu, banyak anak yang juga perlu menjalani tes tekanan darah ketika melakukan pemeriksaan kesehatan.

Tujuan tes tekanan darah adalah mendeteksi tanda-tanda tekanan darah tinggi pada anak. Bila tidak diantisipasi sejak dini, kondisi ini bisa berkembang semakin parah saat anak mencapai usia dewasa nantinya.

Masih ada banyak jenis tes lain yang bisa dilakukan di Prodia Gorontalo. Anda bisa memilih jenis tes yang paling sesuai dengan kebutuhan anak Anda. 

Daria

E-mail : admin@festiquotes.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*