Ini Alasan Puskesmas Pancoran Tak Kalau dari Faskes Lainnya

  • July 29, 2021

Puskesmas Pancoran adalah salah satu fasilitas kesehatan pertama tingkat kecamatan yang ada di Jakarta Selatan.

Terletak di Jl. Potlot II No. 6, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760, lokasinya cukup mudah untuk ditemukan. 

Dari segi pelayanan, Puskesmas Kecamatan Pancoran sangatlah bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan warga DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Selain itu, ada banyak alasan mengapa Anda tak perlu ragu untuk berobat di sini. Berikut ini beberapa diantaranya. 

Memiliki Tenaga Medis yang Kompeten

Puskesmas Kecamatan memiliki tenaga medis yang kompeten yang sangat lengkap. Mulai dari dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, bidan, perawat, petugas laboratorium, tenaga kesehatan lingkungan dan masyarakat, hingga ahli gizi.

Dengan sumber daya yang ada, Puskesmas Pancoran menawarkan berbagai layanan kesehatan yang terjangkau, seperti konseling, pelayanan kesehatan ibu dan anak, imunisasi, pelayanan gizi dan pembinaan posyandu, serta pencegahan dan pengendalian penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular.

Pelayanannya pun tak kalah baik dibandingkan fasilitas kesehatan lainnya seperti klinik dan rumah sakit. 

Fasilitas dan Layanan Kesehatan di Puskesmas Pancoran Lengkap

Terlepas dari statusnya sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, faktanya Puskesmas Pancoran memiliki fasilitas yang bisa diandalkan untuk melayani pasien. Fasilitas kesehatan dan pelayanan yang bisa Anda dapatkan di puskesmas terdiri atas rawat jalan dan rawat inap.

Pelayanan kesehatan di puskesmas memang tidak selengkap di rumah sakit besar, namun pasien masih bisa mendapatkan perawatan yang memadai. 

Bahkan, Anda bisa melakukan skrining kesehatan untuk mengetahui berbagai risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kanker serviks.

Harga Berobat Murah

Soal harga, Puskesmas Pancoran juga sama dengan puskesmas lainnya di Indonesia yakni sangatlah terjangkau. 

Harga berobat yang murah itu dikarenakan puskesmas mendapat subsidi dari pemerintah. Semakin besar subsidinya, semakin murah biaya berobatnya. 

Bahkan, untuk pengobatan sakit gigi pun di puskesmas hanya Rp10-20 ribu saja. Walau murah, kualitas dokter gigi tersebut tak kalah dengan dokter gigi yang bertugas di rumah sakit besar.

Pelayanan Terbaik untuk Ibu dan Anak

Selanjutnya, Puskesmas Pancoran juga unggul dalam hal pemeriksaan kesehatan bagi ibu dan anak. Di sini, Anda dapat melakukan pemeriksaan kondisi ibu hamil, membantu persalinan, perawatan pada masa nifas, menyusui, program keluarga berencana, serta imunisasi dasar bagi bayi dan anak. 

Khusus dalam membantu persalinan normal, Puskesmas Pancoran juga dapat menyediakan layanan rawat inap yang nyaman. 

Pasien BPJS dan Non BPJS Dilayani Sama 

Puskesmas Kecamatan Pancoran melayani masyarakat umum, masyarakat dengan Kartu Jakarta Sehat (KJS), ASKES, Jamsostek/BPJS/JKN, pemeriksaan haji, senam hamil, senam lansia, senam PTM.

Keuntungan sebagai anggota BPJS adalah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan keringanan biaya atau bahkan tanpa dipungut biaya sama sekali. Apa saja kemudahan yang bisa didapatkan? Simak penjelasannya berikut:

Apabila Anda berada di luar wilayah puskesmas atau fasilitas kesehatan (faskes) tempat Anda terdaftar, Anda masih bisa berobat di puskesmas manapun, tidak harus di puskesmas tempat Anda terdaftar.

Jika terjadi keadaan gawat darurat, Anda juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas atau faskes manapun.

Jika Anda memerlukan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan, dokter di puskesmas atau faskes akan memberikan rujukan agar Anda dapat melanjutkan pengobatan ke fasilitas layanan kesehatan yang lebih lengkap, seperti di rumah sakit.

Bisa Melakukan Vaksinasi COVID-19

Pada masa pandemi COVID-19, Puskesmas Kecamatan Pancoran juga turut menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 untuk warga sekitar.

Berikut syarat vaksin COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Pancoran untuk usia 18 tahun keatas:

  • Memiliki usia 18 tahun ke atas atau telah berulang tahun ke-18 saat hendak mengisi formulir.
  • Jika Anda memiliki usia di atas 50 – 59 tahun, Anda akan masuk ke kategori pra lansia.
  • Jika Anda memiliki usia di atas 60 tahun, Anda akan masuk ke kategori lansia.
  • WNI dengan ber-KTP DKI atau berdomisili dari Kelurahan setempat di wilayah DKI Jakarta.
  • Meyiapkan 1 lembar fotokopi KTP dan KK saat vaksinasi, tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.
  • Melakukan validasi persyaratan ketika sampai di lokasi vaksinasi.
  • Nomor antrian diberikan sesuai dengan kedatangan Anda di lokasi vaksinasi.
  • Tidak terdaftar dalam penerima vaksin gotong royong.

Daria

E-mail : admin@festiquotes.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*