Gejala Kanker Payudara? Mamografi Rumah Sakit Gresik Solusinya

  • June 22, 2021

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker paling invasif pada wanita dan penyebab kematian akibat kanker kedua terbanyak pada wanita setelah kanker paru-paru. Kemajuan dalam pemeriksaan dan perawatan kanker payudara telah meningkatkan angka hidup penderita sejak tahun 1989. Tahu akan gejala dan pentingnya melakukan pemeriksaan kanker payudara dengan rutin sangat penting sebagai salah satu cara mengurangi risiko. Anda bisa mendapatkan tes mamografi di rumah sakit Gresik guna memastikan apakah Anda memiliki kanker payudara atau tidak; dan apabila ditemukan kanker, perawatan dengan cepat dapat membantu mencegah komplikasi berbahaya di kemudian hari. 

Gejala pertama kanker payudara biasanya muncul di daerah payudara yang terasa tebal atau adanya benjolan di payudara atau ketiak. Jika Anda melihat ada gejala ini tanpa adanya sebab yang jelas, lakukan pemeriksaan mamografi di rumah sakit Gresik. Gejala lain yang perlu diwaspadai di antaranya adalah rasa nyeri di ketiak atau payudara yang tidak berubah meskipun masa menstruasi telah usai; kemerahan di kulit payudara; ruam di satu atau kedua puting; keluarnya cairan dari payudara dan biasanya mengandung darah; perubahan ukuran dan bentuk payudara; serta kulit yang bersisik dan mengelupas di sekitar payudara dan puting. Kebanyakan benjolan payudara tidak bersifat kanker. Namun, semua wanita tetap harus mengunjungi dokter rumah sakit Gresik untuk pemeriksaan apabila mereka melihat adanya benjolan di payudara. 

Penyebab dan faktor risiko

Setelah masa pubertas terjadi, payudara wanita terdiri dari lemak, jaringan penghubung dan ribuah lobules, kelenjar kecil yang memproduksi ASI. Tabung kecil akan membawa ASI ke puting. Kanker menyebabkan sel-sel berkembang biak dengan tidak terkontrol. Sel tidak mati pada suatu waktu tertentu dalam siklus hidupnya. Pertumbuhan sel yang berlebih ini menyebabkan kanker karena tumor menggunakan nutrisi dan energi dan membunuh sel-sel di sekitarnya. Kanker payudara biasanya berawal di lapisan dalam lobules yang menyediakan ASI. Dari daerah tersebut, kanker kemudian akan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya. Penyebab utama kanker payudara tidak diketahui, namun beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan seseorang dalam menderita kanker payudara. Sangat mungkin untuk mencegah beberapa faktor risiko berikut ini.

1. Usia. Risiko kanker payudara meningkat dengan usia. Pada usia 20 tahun, kemungkinan dalam menderita kanker di dekade berikutnya meningkat 0,06 persen. Pada usia 70 tahun, angka tersebut akan naik hingga 3,84 persen. 

2. Genetik. Wanita yang membawa mutasi tertentu pada gen BRCA1 dan BRCA2 memiliki risiko lebih tinggi dalam menderita kanker payudara, kanker ovarium, ataupun keduanya. Orang-orang mewarisi gen ini dari orang tua mereka. Mutasi pada gen TP53 juga telah dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara. Jika saudara dekat pernah memiliki kanker payudara, risiko seseorang dalam menderita kanker payudara akan meningkat. 

3. Riwayat kanker payudara atau benjolan payudara. Wanita yang sebelumnya pernah memiliki kanker payudara akan berkemungkinan untuk memiliki kondisi ini lagi di kemudian hari dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menderita kanker payudara. 

Jaringan payudara yang padat. Wanita dengan jaringan payudara lebih padat memiliki risiko lebih besar menerima diagnosis kanker payudara. 

Tingkat kesembuhan kanker payudara akan bergantung pada kondisi kanker itu sendiri. Deteksi dini dan perawatan yang lebih awal di rumah sakit Gresik akan meningkatkan kemungkinan seseorang untuk sembuh. Oleh sebab itulah mamografi rumah sakit Gresik sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin terutama bagi mereka yang berada pada faktor risiko tinggi. 

Daria

E-mail : admin@festiquotes.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*